komputer

Image

  • 1.      Peralatan input komputer

        Berdasarkan sifatnya, peralatan input komputer dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
  2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
  • 2.      Peralatan output komputer

        Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker

  1. Monitor. Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah:

        1)      CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam   mode grafis.

        2)      EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.

        3)      EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA.

        4)      VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.

       5)      LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.

  1. Printer. Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer berdasarkan alat mekanik atau proses kerjanya yang digunakan adalah:

        1)      Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).

        2)      Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.

         Berdasarkan pekembangan teknologinya :

         1)      Pin Dot matrix

          2)      Ink jet

           3)      Laser

           4)      Thermal

  1. Plotter. Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
  2. Speaker. Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara.
    • 3.      Computer software

Beberapa tipe software :

  1. software sistem software: berfungsi untuk mengendalikan dan mendukung sistem komputer dan aktifitas pengolahan informasi. Software sistem memfasilitasi pemrograman, pengujian dan, pencarian-perbaikan kesalahan dari program komputer. Contoh: sistem operasi (Microsoft Window 95-98, Microsoft XP, Novell, Linux, Unix, Macintosh), driver (VGA driver, USB driver, Printer Driver).
  2. software pemrograman/ bahasa pemrograman:menyediakan alat untuk membuat software aplikasi. Software pemrograman terdiri dari editor tempat mengetikkan perintah-perintah bahasa pemrograman, compiler, interpreter, debugger dan fasilitas lain yang berbeda dari satu software pemrograman dan yang lainnya.
  3. software aplikasi/application software: software yang dibangun untuk menyelesaikan tugas khusus. Aplikasi biasanya digunakan untuk otomasi pada industri, untuk keperluan bisnis, untuk keperluan pendidikan, untuk keperluan kesehatan, untuk pengolahan data pada database dan untuk hiburan. Penggunaan software aplikasi terbesar adalah pada bidang bisnis. Hal lain yang diotomasi pada umumnya menggunakan software aplikasi.

Jenis Software Penting Untuk Komputer Baru :

  1. Software Aplikasi Office

–          Microsoft Office

–          Open Office

    2.  Antivirus

–          Antivirus luar : Avira, AVG, Avast 5.

–          Antivirus Lokal : Smadav 8, PCMA

      3. PDF Reader

–          Adobe Reader

–          Foxit Reader

  1. Music dan Video Player

–          Video : Klite Codec, VLC Player

–          Winamp, Jetaudio

  1. Browser Internet

–          Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome

  1. Softaware Maintenance Komputer

–          CC Cleaner, Advance System Care, Tune Up Utilities

  1. Archiving Program

–          Winrar, Winzip, 7Zip

  1. Firewall

–          ZoneAlarm Free, Comodo Internet Security

  1. Downloader
    – Orbit Downloader, Internet Download Manager
  2. Instan Mesengers

–          Yahoo Messengers, G-Talk, Skype

  • 4.      Storage
  1. Primary Storage

1)      Dapat langsung diakses oleh central processing unit

2)      Terdiri dari 3 jenis penyimpanan:

a)      Processor register : menghubungkan langsung dengan central processing unit

b)      Main storage : berisi program yang sedang dijalankan dan data yang sedang dipergunakan

c)      Processor cache : kategori khusus penyimpanan yang dipergunakan oleh beberapa central processing unit.

  1. Secondary, Tertiary and Offline Storage

1)      Secondary storage : memerlukan chanel input atau output untuk mengakses informasi dan dipergunakan untuk penyimpanan informasi jangka panjang yang persistent. Pada umumnya mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan primary storage, tetapi dengan kecepatan lebih rendah. Contoh : hard disk.

2)      Tertiary storage : sistem yang akan menangani offline storage berdasarkan perintah komputer. Dipergunakan pada enterprise storage dan scientific computing.

3)      Offline storage _ sistem dimana media penyimpanan dapat dengan mudah dipindahkan dari storage device. Contoh : floppy disk dan optical disk.

  1. Network Storage

–          Berbagai tipe penyimpanan komputer yang berkaitan dengan pengaksesan informasi melalui jaringan komputer.

–          Bermanfaat dengan proses sentralisasi informasi dalam sebuah organisasi dan dapat mengurangi duplikasi informasi.

–          Yang termasuk dalam network storage:

1)      Network-attached storage _ secondary dan tertiary storage yang dihubungkan ke komputer, dan komputer lain dapat mengaksesnya melalui LAN, WAN, dan Internet.

2)      Network computer : komputer yang tidak memiliki internal secondary storage. Data dan dokumen tersimpan pada network-attached storage

  1. 5.      Telecommunication

Yang termasuk kedalam jaringan telecommunication yaitu :

  1. Bluetooth
  2. LAN

Menghubungkan komputer dgn komputer. Jarak jangkauan bisa mencapai 10 km. Biasanya merupakan jaringan komputer untuk satu kantor yang digunakan untuk koordinasi antar bagiannya yang bersifat lokal.

  1. Modem

Menghubungkan komputer dengan internet. adalah suatu processor telekomunikasi yang paling umum digunakan. Modem mengubah sinyal digital dari computer atau terminal pengirim menjadi frekuensi analog yang dapat ditransmisikan melaui saluran telefon, dan begitu juga sebaliknya mengubah data analog menjadi data digital. Proses ini di kenal dengan modulasi dan demodulasi

  1. Kabel data
    • 6.      Prosecessing

Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic uinit dan control unit.

  1. Primary storage adalah ukuran besarnya processor atau biasa disebut dengan main memory.
  2. Arithmatic logic unit adalah suatu alat yang bertugas melakukan perhitungan dalam komputer
  3. control unit adalah merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan

Perangkat-perangkat alat proses berserta perlengkapan diuraikan sebagai berikut :

  1. Casing

Casing adalah kotak pembungkus perangkat keras (hardware) didalam CPU agar terhindar dari kotoran dan sentuhan tangan.

  1. Power supplay.

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).

  1. Motherboard

Motherboard adalah papan rangkaian utama komputer untuk memasang processor, memory dan perangkat lainnya.

  1. Processor

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer.

  1. Memory

Memory adalah alat yang berfungsi mengolah data dan intruksi serta menyimpan informasi. Semakin besar kapasitas memory yang digunakan, semakin banyak data maupun perintah.

  1. VGA Card

VGA Card adalah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan motherboard dan monitor.

  1. I/O Card

Input / Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan motherboard dan hard disk serta floppy disk drive.

  1. Sound Card

Sound card adalah perangkat multimedia yang berfungsi untuk mengolah suara pada komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: